7 Jurusan kuliah yang banyak dicari perusahaan di masa depan, ada incaran kalian?

  • Whatsapp
banner 468x60
Jangan Gusar! Tunjangan Profesi Guru Tetap Ada | Dream.co.id

JAKARTA, Mofisu.com – Memilih jurusan kuliah kadang menimbulkan dilema tersendiri. Jika kalian ingin segera bekerja, sebaiknya memilih jurusan yang banyak dicari perusahaan.

Tidak semua jurusan kuliah bisa diserap oleh perusahaan. Ada beberapa jurusan yang akan selalu dibutuhkan meskipun zaman berganti.

Di sisi lain, lulusan di beberapa jurusan menghadapi kesulitan saat mencari kerja. Karenanya, kalian yang akan kuliah perlu bijak saat memilih program studi.

Namun demikian, semuanya kembali pada diri masing-masing. Jurusan tidak menjadi tolok ukur utama seseorang mudah mendapatkan pekerjaan. Memperbanyak soft skill dan hard skill bisa membantu kalian mudah mendapatkan pekerjaan.

Simak beberapa jurusan kuliah yang akan banyak dicari perusahaan di masa depan, dihimpun dari Indeed.com.

  • Ilmu komputer dan teknik informatika

Semakin berkembangnya teknologi, jurusan ilmu komputer dan teknik informatika akan semakin banyak dibutuhkan Lulusan dari jurusan ini banyak diserap di hampir semua sektor industri.

Kebutuhan akan teknologi seperti website, aplikasi, dan software membuat kebutuhan ahli IT selalu tinggi di dunia kerja. Jika kalian ingin segera bekerja setelah lulus, bisa memilih jurusan ini.

Baca Juga: Modifikasi Setir Mobil Bisa Ganggu Kenyamanan dan Keselamatan

  • Psikologi

Jurusan ini sering dipandang sebelah mata. Nyatanya kebutuhan lulusan psikologi cukup banyak. Melansir Indeed.com, pekerjaan yang berkaitan dengan psikologi diharapkan tumbuh sekitar 14 persen diantara tahun 2018-2028.

Jurusan kuliah ini banyak dicari perusahaan untuk menduduki berbagai posisi. Tidak hanya sebagai staf personalia, lulusan psikologi juga bisa menempati posisi lain.

  • Pendidikan

Ujung tombak pendidikan adalah guru, karenanya lulusan pendidikan selalu banyak dibutuhkan. Lulusan pendidikan di berbagai mata pelajaran akan selalu dibutuhkan di sekolah negeri dan swasta. Selain menjadi guru di sektor formal, kalian bisa menjadi konsultan pendidikan atau menjadi relawan pendidikan.

  • Keperawatan

Selain pendidikan, sektor yang akan selalu menyerap tenaga kerja adalah kesehatan. Lulusan jurusan keperawatan akan selalu dicari oleh rumah sakit hingga klinik kesehatan. Jadi bagi kalian yang tertarik pada bidang kesehatan, bisa masuk di jurusan keperawatan.

Baca Juga : BUMN Karya Teken Kontrak Proyek Kementerian PUPR Rp 388 M

  • Ekonomi, akuntansi, dan marketing

Instansi manapun pasti membutuhkan lulusan ekonomi, akuntansi dan marketing. Mereka dibutuhkan untuk menangani permasalahan yang berkaitan dengan anggaran, keuangan, dan penjualan.

Profesi yang berhubungan dengan ekonomi, dikutip dari Indeed.com, dipastikan akan tumbuh sekitar 8 persen anatara tahun 2018 dan 2028.

Ada banyak posisi yang bisa digeluti oleh lulusan tiga jurusan ini. Kalian bisa menjadi akuntan, market researcher, hingga penasihat keuangan.

  • Matematika dan statistika

Banyak perusahaan yang membutuhkan karyawan yang bisa mengolah data dan statistik. Untuk mengerjakan pekerjaan ini dibutuhkan ilmu statistika dan keterampilan mengolah data.

Lulusan jurusan matematika dan statistika sangat pas untuk tugas ini. Mereka bisa menjadi data analyst atau sebagai ahli statistika.

  • Biologi dan kimia

Jurusan kuliah yang akan banyak dicari perusahaan selanjutnya adalah jurusan biologi dan kimia. Dua jurusan ini akan sangat dibutuhkan di industri makanan, minuman, hingga obat-obatan.

Perusahaan makanan cenderung mengalami perkembangan yang baik. Karenanya, lulusan jurusan biologi dan kimia akan selalu dicari.

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *