Waskita Wakili Indonesia, Raih Penghargaan The World Infrastructure Awards 2020 di Kanada

  • Whatsapp
banner 468x60
Kuartal I, Waskita Karya Raih Kontrak Baru Rp 3,16 Triliun

JAKARTA, Mofisu.com – PT Waskita Karya (Persero) Tbk (Kode Saham: WSKT) berhasil meraih penghargaan tingkat dunia meraih penghargaan The Year in Infrastructure (YII) Special Recognition Awards 2020 pada kategori Comprehensiveness in Transportation Digital Twins dari Bentley Advancing Infrastructure untuk Proyek Pembangunan Fasilitas Perkeretaapian Double Double Track Manggarai – Jatinegara Paket A Main Line II.

Ajang bergengsi yang diselenggarakan di Vancouver, Kanada diikuti lebih dari 300 perusahaan dari 60 negara di dunia dan dilaksanakan secara daring untuk pertama kalinya.

Read More

banner 300250

Event tahunan Year in Infrastructure ini sedianya akan dihadiri oleh Project Manager Suryo Albar dan data – data yang dibutuhkan pun telah disiapkan oleh tim selama kurang lebih 2 bulan, namun dikarenakan situasi pandemi yang terjadi pada awal tahun 2020 ini, event ini harus diadakan secara daring.

Menurut Director of Operation II PT Waskita Karya (Persero) Tbk Bambang Rianto, penghargaan ini menjadi pemicu Waskita untuk terus memberikan yang terbaik bagi Indonesia.

Baca Juga :BUMN Ini Gunakan Aplikasi Terintegrasi Guna Efisiensi Kerja

“Di tengah pandemi Covid-19 ini, Waskita bisa memberikan kebanggaan bagi Indonesia dengan menerima penghargaan ini sehingga menjadi katalis bagi kita untuk terus berinovasi melalui digitalisasi konstruksi dan penerapan BIM (Building Information Modelling),” kata Bambang Rianto.

Waskita Karya memenangkan penghargaan ini karena kami mengaplikasikan BIM multi model menggunakan teknologi Bentley System pada pembangunan fly over kereta api yang menghubungkan Manggarai dan Jatinegara,” ucap Bambang Rianto. Sementara itu menurut Suryo Albar, desain untuk proyek ini dibuat dengan mengkombinasikan 5 software model yaitu OpenRail Designer, OpenBridge Modeler, Context Capture, Lumen RT, dan SYNCHRO 4D.

“Sehingga kami dapat mengukur jarak dan dimensi yang sebenarnya antara struktur yang dirancang dan struktur eksisting untuk memastikan ketepatan desain, serta membuat visualisasi dan simulasi sequence pekerjaannya” ungkapnya.

“Sayangnya lagi pandemi, kalau tidak, kami sudah berangkat ke Vancouver untuk memboyong penghargaan itu langsung ke Indonesia. Untuk persiapan sendiri, kami sudah lakukan sejak bulan April 2020. Alhamdulillah WSKT meraih penghargaan sebagai Comprehensiveness ini Transportation Digital Twins,” ucap Suryo Albar.

Baca Juga :Kemenperin: Pengolahan Limbah Topang Daya Saing Industri

Dia lalu menerangkan digital twins membantunya dalam membuat keputusan yang efisien. Apalagi model BIM yang dibuat secara komprehensif, dapat mendeteksi sejak dini clash yang akan terjadi pada saat konstruksi. Selain itu, digital twins memudahkan dalam menyampaikan alternatif hasil akhir pekerjaan akibat review desain kepada stakeholder terkait.

Acara ini merupakan kompetisi global dan bergengsi di dunia konstruksi yang mempertemukan para pelaku bisnis dan profesional di bidang infrastruktur dari seluruh dunia untuk berbagi praktik inovatif dalam desain, teknik, konstruksi, operasi dan pemeliharaan infrastruktur.

Sejak 2004, penghargaan ini telah memberikan penghargaan kepada lebih dari 4.000 proyek infrastruktur paling luar biasa di dunia. Selain itu, peserta penghargaan ini adalah semua pengguna perangkat lunak Bentley System.

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *