Gelar Public Expose, Waskita Optimis Prospek Kinerja Jangka Panjang

  • Whatsapp
banner 468x60
KPK Usut Korupsi Subkontraktor Fiktif Lewat Staf Keuangan Waskita Karya -  Tribunnews.com Mobile

JAKARTA, Mofisu.com – PT Waskita Karya (Persero) Tbk (Kode Saham: WSKT) menyelenggarakan paparan publik tahunan (public expose) pada Selasa, 27 Oktober 2020. Acara yang diselenggarakan secara daring tersebut dihadiri oleh anggota Direksi Waskita dan ratusan investor.

Pada kesempatan tersebut President Director Waskita, Destiawan Soewardjono, mengungkapkan bahwa Waskita tetap optimis untuk meningkatkan kinerja dan kemampuan keuangan perusahaan dalam jangka panjang terutama setelah pandemi Covid-19 berakhir.

Read More

banner 300250

Keyakinan ini didasari oleh strategi yang tengah diterapkan oleh Perseroan yaitu fokus pada pasar eksternal dan pengembangan bisnis yang seimbang, melepas ruas tol yang telah beroperasi, akselerasi penyelesaian ruas tol investasi, dan meningkatkan kemampuan likuiditas.

Baca Juga : BUMN Ini Kerjakan RS Darurat Covid-19

Destiawan mengatakan bahwa Waskita akan gencar menangkap potensi pasar konstruksi konvensional baik yang berasal dari dalam maupun luar negeri.

Di pasar dalam negeri, Waskita fokus pada jenis proyek yang menjadi kompetensi inti dan keunggulan dari Waskita yaitu proyek infrastruktur konektivitas seperti jalan tol, jalur kereta api, pelabuhan, serta bandar udara dan juga proyek infrastruktur pengairan seperti Bendungan, Irigasi, dan Sistem Penyediaan Air Minum
(SPAM).

Selain pasar konstruksi di Indonesia, Waskita juga mulai fokus pada ekspansi ke pasar luar negeri. Adapun pada acara tersebut, Destiawan menyebut terdapat potensi proyek dengan nilai sekitar Rp71 Triliun dari Kawasan Asia Tenggara, Asia Selatan, Timur Tengah, dan Afrika.

“Semua potensi tersebut adalah hasil pemetaan dari Overseas Division Waskita dan sudah mulai kami jajaki”, jelas Destiawan.

“Kami yakin dengan kemampuan Waskita untuk ekspansi ke pasar luar negeri karena sudah punya pengalaman sebelumnya dan Waskita sudah dapat support fasilitas modal kerja dari perbankan untuk mengeksekusi proyek di luar negeri”, lanjut Destiawan.

Lebih lanjut, Destiawan pun menjelaskan bahwa manajemen akan melakukan penataan kembali proyek-proyek investasi yang dimiliki oleh Waskita. “5 tahun terakhir Waskita sangat fokus pada investasi jalan tol yang memerlukan modal besar dan bersifat jangka panjang”, terang Destiawan.

“Kedepan, Waskita akan membuat portfolio proyek pengembangan bisnis yang lebih seimbang antara jangka pendek, menengah, serta jangka panjang dengan proyek yang lebih bervariasi, bukan hanya jalan tol. Saat ini, kami sudah memetakan potensi proyek pengembangan bisnis dengan nilai setidaknya Rp70 Triliun untuk 3 hingga 5 tahun kedepan”, lanjutnya.

Baca Juga : Pupuk Indonesia tengah fokus kembangkan inovasi program Agro-Solution

Dalam rangka penataan kembali proyek investasi, tahun ini manajemen WSKT juga menargetkan untuk melepas kepemilikan pada beberapa jalan tol. Destiawan menjelaskan setidaknya ada 5 ruas yang ditargetkan untuk diambil alih sahamnya oleh investor baru di kuartal IV / 2020.

Adapun ruas tol yang dimaksud diantaranya tol yang berlokasi di Jakarta seperti Ruas Bekasi – Cawang – Kampung Melayu (Becakayu), serta beberapa ruas tol yang termasuk ke dalam jaringan Trans Jawa dan Trans Sumatera.

Seperti diketahui bahwa 30% saham PT Waskita Toll Road (WTR) pada ruas Becakayu akan dilepas melalui skema instrumen Reksadana Penyertaan Terbatas (RDPT) kepada investor, Perjanjian Pengikatan Jual Beli (PPJB) antara WTR dan Investor telah ditandatangani pada 31 Agustus 2020 lalu.

Investor Relations News Release Apabila seluruh target pelepasan jalan tol tahun 2020 dapat terlaksana maka Waskita karya akan dapat mengurangi hutang hingga Rp19 – 20 Triliun.

Destiawan juga menjelaskan bahwa ruas yang ditawarkan kepada investor merupakan ruas yang telah beroperasi secara penuh maupun parsial. Hal ini disebabkan ruas yang telah beroperasi tidak memiliki risiko pengadaan lahan ataupun risiko konstruksi, selain itu realisasi lalu lintas pun sudah dapat terlihat. Faktor tersebut yang membuat manajemen Waskita menargetkan untuk dapat segera menyelesaikan seluruh ruas tol investasi dibawah PT Waskita Toll Road.

Baca Juga : Kembangkan Dunia Wirausaha, Kemenpora RI Gandeng Unissula Gelar Kuliah Kewirausahaan Pemuda

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *