Inilah bahaya menggunakan masker yang kotor

  • Whatsapp
banner 468x60
Warga Surabaya Diminta Pakai Masker Kain untuk Cegah Corona COVID-19 -  Surabaya Liputan6.com

JAKARTA, Mofisu.Com – Menggunakan masker tidak boleh sembarangan. Kita harus memastikan, masker yang digunakan selalu bersih. Itu sebabnya, masker kain yang kita pakai sehari-hari juga harus rajin dicuci. 

Memakai masker yang kotor ternyata dapat memicu gangguan kesehatan. Selain jerawat di dagu, beberapa orang diketahui menderita sakit tenggorokan setelah memakai masker untuk jangka waktu yang lebih lama dan tidak mencucinya. 

Read More

banner 300250

Jadi, jika kamu telah meninggalkan masker di dalam mobil, memakainya berulang kali, ada risiko besar menderita sakit tenggorokan. 
Dokter pengobatan keluarga Neha Vyas, MD, menjelaskan mengapa sakit tenggorokan terjadi dan bagaimana masker kotor yang penuh kuman dan beberapa variabel lain yang dapat menyebabkannya. 

Baca juga : BUMN Konstruksi Pastikan Pengerjaan Proyek Tetap Berjalan di Tengah Pandemi

Apa penyebab sakit tenggorokan dan apakah orang-orang tertentu lebih sering mengalaminya? 

“Sakit tenggorokan bisa disebabkan oleh virus, bakteri, atau penyebab iritasi lingkungan. Bisa juga disebabkan oleh ketegangan vokal (terlalu banyak menggunakan suara), udara kering, atau kondisi yang disebut refluks gastroesofageal, atau Gerd,” kata Vyas. 

Siapa pun bisa mengalami sakit tenggorokan, tetapi orang dengan sistem kekebalan yang lemah, penderita alergi dan mereka yang pekerjaannya menggunakan suara keras mungkin sangat rentan terhadapnya.

Mengapa kita bisa sakit tenggorokan setelah memakai masker dalam waktu lama?

“Pemakai masker sering kali membuat orang harus berbicara lebih keras agar bisa didengar orang lain. Ini dapat menyebabkan ketegangan vokal,” kata Dr. Vyas. 

“Di sisi lain, mungkin dari virus atau kuman yang berada di dalam masker yang tidak bersih, baik karena sering digunakan tanpa dicuci atau sering dilepas dengan tangan yang tidak bersih.”  

Memakai masker kotor membuat kita menghirup bakteri atau virus yang mungkin terperangkap di dalam masker kotor tersebut. 

Baca juga : Efisiensi Kerja, Waskita Karya Gunakan Aplikasi Terintegrasi

Selain rutin mencuci masker, apa lagi yang bisa kita lakukan untuk mencegah sakit tenggorokan? 

“Cobalah untuk membatasi berapa kali kamu menyentuh atau melepas masker,” kata Dr. Vyas. 

Dan ketika kita perlu melepas masker, pastikan tangan bersih. Vyas mengatakan sakit tenggorokan dapat diobati dengan semprotan tenggorokan atau tablet hisap yang dijual bebas. 

Tetapi jika kamu tidak yakin mengapa kamu mengalami sakit tenggorokan atau sering mengalami sakit tenggorokan, kunjungi dokter dan lakukan pemeriksaan. 

Cara membersihkan masker dari kain

Berikut beberapa tips membersihkan masker: 

-Kamu bisa mencuci masker dengan mencampurnya dengan cucian yang lain di mesin cuci. 

– Gunakan deterjen biasa dan pengaturan air hangat yang sesuai untuk kain dari masker itu sendiri.  

Baca juga : Waskita Bagikan Sembako ke Pegawai Terdampak Covid-19

– Jika dicuci dengan tangan, gunakan pemutih pakaian untuk mendisinfeksi masker. Rendam sekitar 5 menit. Sebaiknya mencuci di luar ruangan atau ruang yang memiliki ventilasi yang baik saat menggunakan pemutih. 

– Pastikan masker dijemur sampai kering, akan lebih baik jika dijemur di bawah sinar matahari langsung.

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *