PT PJB Akselerasi Pemanfaatan EBT Melalui Co-Firing Biomassa

  • Whatsapp
banner 468x60

MOFISU.COM, JAKARTA – PT Pembangkitan Jawa Bali (PT PJB) melaksanakan Go Live Komersial Co-Firing Biomassa PLTU Paiton berkapasitas 2 x 400 Megawatt (MW) pada Rabu (10/6/20). Kegiatan itu dilakukan sebagai upaya PT PJB memperkokoh perusahaan dalam mempionirkan akselerasi pemanfaatan Energi Baru dan Terbarukan (EBT).

Baca Juga : Amankan pasokan listrik lebaran, Dirut PJB pastikan 35 pembangkit beroperasi penuh

Read More

banner 300250

Dalam sambutannya di teleconference zoom, Direktur Mega Project PLN, Muhammad Ikhsan Asaad menyampaikan rasa bangganya kepada PT PJB yang telah berhasil melaksanakan uji coba Co-Firing. Kelak, Co-Firing ini akan dilaksanakan di 52 unit PLTU milik PLN yang berkapasitas 18.184 MW. Dari kapasitas itu diharapkan 5%-nya akan menggunakan biomassa atau sekitar 900 MW PLTU dikonversi menjadi EBT.

Direktur Utama PT PJB, Iwan Agung Firstantara, menyampaikan, keunggulan dari inovasi Co-Firing ini adalah pengurangan penggunaan fossil fuel power plant menjadi green power plant sehingga mengurangi emisi SOx dan NOx.

“Inovasi ini tentunya mendukung target bauran EBT 23% di tahun 2025 tanpa diperlukan investasi pembangkit EBT baru yang memerlukan capex cukup besar. Ini adalah salah satu inovasi untuk mengurangi pemanasan global yang terjadi di dunia,” ujar Dirut PT PJB.

Seperti diketahui, PT PJB sudah melakukan riset biomassa sejak tahun 2017 dengan beberapa Lembaga riset nasional seperti perguruan tinggi dan OEM Boiler manufacture. Hasilnya, PT PJB mulai melakukan pengujian Co-Firing ini sejak September 2019 pada pilot project di PLTU Paiton.

Hingga saat ini, PT PJB sudah berhasil melakukan pengujian di 5 PLTU yakni PLTU Paiton, PLTU Rembang, PLTU Indramayu, PLTU Ketapang dan PLTU Tenayan. Pengujian yang dilakukan PT PJB dengan jenis boiler yang berbeda dan tiga jenis biomassa yang berbeda yakni wood pellet, cangkang sawit dan saw dust.

Sumber : PJB raih dua PROPER EMAS, Dirut PJB: Kami kelola lingkungan dengan baik

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *