Auric Capital Menjadi Pemegang Saham Matahari

  • Whatsapp
banner 468x60

MOFISU.COM, JAKARTA – PT Matahari Department Store Tbk (“Matahari” atau “Perseroan”; kode saham: “LPPF”) beberapa hari lalu mengumumkan susunan baru Dewan Komisaris Perseroan, dan menyambut salah satu Komisaris baru yaitu Bapak Monish Mansukhani. Bapak Mansukhani adalah Deputy CEO Auric Pacific dan merupakan perwakilan pemegang saham Greater Universal, anak perusahaan yang dimiliki seluruhnya secara tidak langsung oleh Auric Capital. Greater Universal akan memiliki sedikit di atas 5% atas saham Matahari – setelah dilakukannya penurunan modal saham, tergantung kepada persetujuan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia. Auric Capital adalah perusahaan yang berbasis di Singapura, yang merupakan investor aktif di sektor konsumen dan dipimpin oleh Bapak Dr. Andy Adhiwana.

Baca Juga : Jaga Pasokan Saat Lebaran, PT PJB Operasikan 35 Unit Pembangkit Listrik

Read More

banner 300250

John Bellis, Presiden Komisaris Independen Matahari menyampaikan, “Kami sangat gembira menyambut Bapak Monish Mansukhani, dan juga Auric Capital sebagai pemegang saham. Auric Capital memiliki reputasi yang kuat sebagai investor jangka panjang yang dapat memberikan nilai tambah, terutama di sektor konsumen, dengan memberikan analisa kritikal dan masukan strategis atas status usaha dengan tujuan untuk meningkatkan kinerja jangka panjang. Investasi ini merupakan investasi Auric Capital perdana di Indonesia dan kami gembira bahwa mereka telah mempercayai kekuatan merek, inisiatif dan tim manajemen Matahari.”

Bapak Mansukhani menambahkan, “Matahari memiliki posisi yang kuat untuk semakin meningkatkan posisinya sebagai pemimpin pasar untuk mengkapitalisasi meningkatnya tren konsumen di Indonesia. Tim manajemen yang baru memiliki kemampuan pelaksanaan yang kuat untuk mewujudkannya di tengah kesempatan pasar saat ini. Saya senang dapat bekerja sama dengan para Komisaris dan Direksi Perseroan untuk mendukung bisnis Matahari mencapai potensi penuhnya.”

Bulan Januari tahun ini Matahari mengangkat Bapak Terry O’ Connor sebagai CEO. Bapak O’Connor juga diangkat sebagai Wakil Presiden Direktur Perseroan dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) yang baru lalu. Bapak O’Connor sebelumnya menjabat sebagai Regional CEO Courts Asia, dimana Beliau telah bekerja selama 26 tahun dan memimpin transformasi strategis atas solusi penjualan, omni-channel dan ekspansi geografis.

RUPST juga telah memberikan persetujuan atas Laporan Direksi atas jalannya usaha dan laporan keuangan Perseroan untuk tahun buku 2019. Direksi melaporkan bahwa Perseroan mencatat penjualan kotor sepanjang tahun 2019 sebesar Rp 18,0 triliun, naik 0,9% dari Rp 17,9 triliun di 2018. Pendapatan bersih konstan di Rp 10,3 triliun. Laba bersih sebesar Rp 1,4 triliun, meningkat 25% dari laba bersih setelah penurunan nilai investasi di tahun 2018 (menurun 27% dari laba bersih sebelum penurunan nilai investasi di tahun 2018).

Tentang Auric Capital

Auric Capital adalah perusahaan investasi yang memiliki fokus kepada bisnis konsumen di Asia Tenggara. Target Auric Capital adalah kepemilikan ekuitas pengendali maupun non-pengendali, dan bekerja sama dengan tim manajemen untuk membantu perusahaan mencapai potensi penuhnya. Keunggulan kompetitif Auric Capital berasal dari manajemennya yang aktif dan fokus atas operasional, memberikan informasi sektoral yang mendalam dan masukan strategis untuk mendukung portofolio perusahaan.

Tentang Matahari

Matahari adalah platform ritel terbesar di Indonesia, dengan 153 gerai di 76 kota di seluruh Indonesia, serta secara online. Selama lebih dari 60 tahun, Matahari menyediakan pakaian, kecantikan dan produk sepatu yang berkualitas, fashionable dan terjangkau bagi kalangan menengah Indonesia yang semakin meningkat. Matahari mempekerjakan lebih dari 40.000 karyawan dan ber-partner dengan lebih dari 1.000 pemasok lokal serta internasional.

Perseroan menerima beberapa penghargaan dari industri – bertaraf nasional dan internasional – termasuk Top 500 Retail Asia Pacific – 3rd Retailer in Indonesia dari Retail Asia, Euromonitor, & KPMG; Brand Asia 2017 – Top 3 Most Powerful Retail Brand in Indonesia dari Nikkei BP Consulting, Inc dan WoW Brand Award 2019 – Gold Champion dari MarkPlus Inc. Di samping itu, Perseroan juga meraih penghargaan Indonesia Netizen Brand Choice Award 2018 dari Warta Ekonomi. Seluruh penghargaan ini mendukung dan memperkuat reputasi Perseroan sebagai salah satu perusahaan yang terkemuka, dinamis, dan terpercaya di Indonesia.

Sumber : Amankan pasokan listrik lebaran, Dirut PJB pastikan 35 pembangkit beroperasi penuh

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *